Home » Militer Indonesia » AS Perkuat Kapal Perang Filipina dan Pasang Balon Udara Aerostat

AS Perkuat Kapal Perang Filipina dan Pasang Balon Udara Aerostat

Pemerintah Amerika Serikat menyediakan Filipina bantuan militer senilai USD 42 juta untuk meningkatkan kemampuan pengawasan maritim negara itu dalam menghadapi sengketa Barat Laut Filipina.

“Kami akan menambah kemampuan untuk menempatkan sensor pada kapal dan memasang balon udara aerostat (non-rigid airship) di udara untuk melihat ke dalam ruang maritim,” ujar Duta Besar AS untuk Filipina Philip Goldberg, dalam wawancara dengan CNN Filipina.

Bantuan militer pertama kali diumumkan oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter di New York di Dewan Hubungan Luar Negeri 8 April 2016 sebelum memulai perjalanan Asia-Pasifik-nya, termasuk perjalanan ke Filipina.

Tahun lalu pemerintah AS mengumumkan Maritime Security Initiative Lima Tahun, yakni komitmen untuk membantu negara-negara mitra seperti Filipina dalam mengatasi tantangan-tantangan bersama. inisiatif memiliki total anggaran US $ 425 juta.

“Kami baru saja merilis tahap pertama dari uang ini, hampir 80 persen diberikan ke Filipina. Hal ini akan membantu memodernisasi teknologi dan melatih staf di Philippines National Coast Watch Cente, meningkatkan jaringan informasi untuk memungkinkan berbagi komunikasi antara US Pacific Command di Hawaii dan pusat komando maritim kunci di Filipina dengan menyediakan platform pengintai aerostat (airship), dan memberikan kapal patroli angkatan laut Filipina dengan sensor yang lebih baik sehingga mereka dapat melihat dan melakukan hal yang lebih di perairan wilayah itu, “kata Carter.

Sumber : Update.ph