Home » Militer Indonesia » Pesawat Typhoon Dilengkapi Identification Friend-Foe Darat

Pesawat Typhoon Dilengkapi Identification Friend-Foe Darat

Roma – Perusahaan Pertahanan Finmeccanica Italia berhasil mengintegrasikan sistem mode 5 reverse-IFF (Identification Friend-Foe), IFF udara-ke-darat untuk pesawat Tranche 1 Eurofighter Typhoon. Demonstrasi ini disaksikan oleh perwakilan dari Battlefield Combat Identification Capability Team NATO, 22/4/2016.

Sistem IFF memberikan pilot kemampuan untuk membedakan antara pesawat ‘teman’ dan pesawat ancaman potensial dengan mengirimkan sinyal interogasi dan memverifikasi tanggapan dari pesawat lain.

Kini Finmeccanica menerapkan sistem reverse IFF menggunakan konsep yang sama untuk menginterogasi pasukan di darat, yang memungkinkan pilot untuk memahami di mana pasukan teman di permukaan, sebelum memutuskan apakah akan menggunakan persenjataannya. Sistem ini disebut IFF ‘reverse’ karena pesawat menggunakan transponder yang biasanya digunakan untuk membalas interogasi dari pesawat lain atau dari darat untuk memindai kendaraan darat.

Ujicoba dilakukan pesawat typhoon Angkatan Udara Italia berangkat dari pangkalan udara Pratica di Mare (Roma) Italia, terbang menuju dan menginterogasi sejumlah kendaraan lapis baja Lince, Italia Army, dengan sistem reverse-IFF nya. Kendaraan Lince membalas dengan sinyal ‘teman’, sehingga peswat Typhoon menahan dari memberikan serangan udara ke tanah yang mungkin saja akan menyebabkan kerusakan pasukan di darat, untuk pasukan teman.

NATO sedang mempertimbangkan sistem Modus 5 reverse-IFF sebagai salah satu solusi jangka pendek-menengah untuk identifikasi udara-ke-permukaan, untuk menghindari tembakan kepada teman/sekutu ketika bekerja sama dengan pasukan koalisi. Solusi Integrasi dikembangkan oleh Finmeccanica telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk memperkenalkan kemampuan yang signifikan yang sebenarnya mode sederhana, dengan menggunakan transponder yang ada pada pesawat.

Sumber : Finmeccanica.com