Home » Militer Indonesia » Improved Kilo dan Rudal Kalibr, Bisa Menjadi Senjata Gerilya Indonesia di Lautan

Improved Kilo dan Rudal Kalibr, Bisa Menjadi Senjata Gerilya Indonesia di Lautan

Kapal selam Kilo adalah kapal selam pembunuh tak terlihat yang menghancurkan segala sesuatu yang menghadangnya. Kapal selam Rusia ini begitu silent dan tersembunyi, yang bahkan militer Amerika tidak bisa mendeteksi keberadaannya. Angkatan Laut AS pernah secara terbuka mengakui tidak dapat melacak kapal selam Novorossiysk-451 ketika menyelam.

Dan kini monster dari dasar lautan sudah bukan lagi menjadi milik eksklusif dari Angkatan Laut Rusia, Moskow sudah lama melempar ke pasar ekspor kapal selam diesel elektrik Kilo dan yang terbaru Improved Kilo.

Sulit dideteksi dan dapat dipersenjatai dengan rudal jelajah paling berbahaya di dunia, kapal selam Rusia bisa menjadi senjata gerliya mematikan bagi negara dengan jumlah kapal perang permukaan yang terbatas seperti Indonesia.

Terkendala oleh jumlah anggaran militer yang terbatas, dan jumlah kapal perang yang juga terbatas dengan sebagian diantaranya berusia tua dan berteknologi lawas, Indonesia bisa menjadikan kapal selam Improved Kilo sebagai senjata bawah laut yang menjadi momok menakutkan armada kapal perang permukaan musuh yang lebih kuat.

Bukan hanya mengancam kapal perang permukaan yang berukuran besar, Improved Kilo juga bisa mengancam suplai logistik militer dan jalur perekonomian laut musuh.

Beberapa analis militer asing menilai kemampuan unik kapal selam diesel elektrik Rusia dengan persenjataan yang kuat menjadikan kapal selam Improved Kilo Rusia tetap lebih unggul dibandingkan dengan kapal selam buatan Jerman dan Perancis.