Rahasia Kehebatan Tank T-90 Vladimir Potkin

Tank T-90 ‘Vladimir’ pernah menjadi perbincangan hangat setelah hanya mengalami kerusakan ringan saat dihantam rudal TOW (Tube launched- Optically tracked-Wear guided) buatan Amerika di perang Suriah dua bulan lalu. Video tertembaknya Tank T-90 tersebut sudah ditonton hingga setengah juta kali di YouTube.

Lalu apa yang menjadi rahasia kekebalan tank T-90 yang juga diberi nama si perancangnya, Vladimir Potkin ?

T-90 adalah tank tempur utama generasi ketiga Rusia yang mulai memperkuat Angkatan Bersenjata Rusia pada tahun 1993. T-90 adalah versi modern dari tank T-72B dan menggabungkan banyak fitur yang terdapat pada tank T-80U.

T-90 dirancang untuk menjadi pengganti tank tempur utama T-64, T-72 dan T-80. Platform T-72 dipilih sebagai basic dari tank T-90 karena murah, sederhana dan berkualitas.

Mempertahankan tata letak seperti tank T-72, dengan kompartemen kontrol didepan,dan kompartemen tempur di tengah. Lambung dan turret pada tank baru hampir tidak berubah, tapi ada upgrade yang sangat penting – bagian atas depan dari turret mendapat tambahan perlindungan dari tujuh blok dan satu container ( yang terdiri dari 20 kotak ERA dan ditempatkan di atap turret).

T-90A dilengkapi mesin dan turret baru dan dilengkapi dengan sistem penglihatan termal. Mesin yang berkekuatan 1.000 hp pada 2.000 rpm. Tank juga dilengkapi dengan Explosive Reactor Armor generasi ketiga yang mampu menahan tembakan amunisi M829A2 and DM43A1 kaliber 120 mm, yang biasa dipergunakan tank Abrams M1A1 dan tank Leopard-2.

Senjata utama tank T-90 adalah meriam smoothbore 2A46M-2 kaliber 125 mm, dan mampu menembakkan empat tipe amunisi yang berbeda, Armor-Piercing, Piercing, High Explosive dan Kumulatif dengan sistem remote, yang memungkinkan amunisi meledak pada titik lintasan yang di inginkan
Meriam T-90 juga dapat menembakkan beragam rudal anti tank seperti rudal Reflex dan Cobra, dengan rudal tersebut T-90 mampu menembak helikopter yang terbang rendah.

Seperti tank modern Rusia lainnya, meriam 2A46M menggunakan loader pengisian amunisi otomatis yang mengurangi jumlah kru menjadi 3 orang (komandan, penembak, dan driver). Sistem autoloader dapat membawa 22 amunisi siap tembak dan dapat memuat amunisi dalam waktu 5-8 detik.

Fire Control System pada tank T-90 adalah salah satu sistem tempur yang terbaik di dunia. Sistem ini dapat menghitung kecepatan tank, jangkauan dan sudut kecepatan dari target, suhu udara, kecepatan angin dan tekanan atmosfer. Fire Control System ini juga mampu memperhitungkan sudut kemiringan laras meriam yang memungkinkannya menembak cepat sebelum ditembak tank musuh.

Tank ‘Vladimir’ merupakan tank pilihan yang sangat ideal untuk melindungi pangkalan udara Rusia di Suriah yang berkontur gurun dan padang pasir.

Sputnik

Sharing

Tinggalkan komentar