Home » Alutsita Canggih » Babak Baru Kerja Sama Militer Indonesia – Belarus

Babak Baru Kerja Sama Militer Indonesia – Belarus

Belarus menyarankan pendirian usaha patungan di Indonesia, Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan hal itu, saat ia bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu pada tanggal 28 April 2016.

Presiden menekankan tidak ada topik tertutup terkait kerjasama antara kedua negara. Belarus tertarik dalam meningkatkan kerjasama dengan Indonesia baik dalam industri militer dan sektor sipil, yakni ekonomi.

Alexander Lukashenko mengatakan Belarus siap untuk mengirimkan produk ke Indonesia dan berbagi teknologi untuk mendirikan usaha patungan. “Hal ini sangat penting bagi Indonesia dan Belarus bahwa kita dapat mendirikan usaha patungan di Indonesia untuk menghasilkan produk jadi dan menjualnya ke negara-negara lain di wilayah ini,” ujar Presiden.

Alexander Lukashenko juga menekankan bahwa ia ingin sekali lagi mengundang Presiden Indonesia untuk mengunjungi Belarus. Sebagai bagian dari kunjungan, pihaknya akan menjabarkan strategi pengembangan hubungan antara kedua negara dalam periode jangka pendek.

Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu, pada gilirannya, mengatakan bahwa Indonesia tertarik dengan produk industri Belarusia. Kerjasama teknologi tinggi juga tampaknya sangat menjanjikan.

Pertemuan difokuskan pada operasi komisi antar-pemerintah Belarusia-Indonesia. Komisi ini setuju bahwa diperlukannya roadmap kerjasama dan garis kerja sama yang kongkrit, dan mulai untuk memenuhi tujuan tersebut. Beberapa kelompok kerja akan dibuat untuk tujuan ini dalam waktu dekat. Kerjasama industri militer akan menjadi salah satu jalan kerja sama antara kedua negara.

Sumber : President.gov.by