4 Kemampuan Tak Terduga yang Membuat AS Khawatir Pada S-500 Rusia

Para pejabat Pertahanan AS tampaknya khawatir dengan sistem pertahanan rudal mutakhir S-500 milik Rusia. Dikhawatirkan pesawat tempur dan pembom siluman F-22, F-35 dan B-2 akan menghadapi kesulitan besar saat menghadapinya.

Walau belum bisa memperkuat Angkatan Bersenjata Rusia dalam waktu dekat, sebagaimana pernah diberitakan oleh Ria Novosti, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov menyatakan S-500 belum akan memperkuat Rusia pada tahun ini.

S-500 Prometey, juga dikenal sebagai 55R6M Triumfator-M adalah sistem rudal anti pesawat dan anti rudal balistik yang saat ini sedang dikembangkan Rusia. S-500 direncanakan akan menggantikan S-300. Sistem pertahanan tercanggih ini kelak akan ditempatkan di Moscow dan Rusia tengah.

uji peluncuran rudal S-400 Rusia
s-400

Ada beberapa hal menarik yang membuat para pejabat Pertahanan AS sangat terkejut dengan kemampuan S-500 Rusia.

1.S-500 diyakini merupakan sistem pertahanan rudal yang akan sangat berbeda dengan sistem pertahanan udara lainnya di dunia.

2.Meski menderita akibat runtuhnya Uni Soviet, militer Rusia tampaknya tidak mengendurkan sedikitpun pengembangan sistem pertahanan udara canggih.

3. S-500, yang dirancang oleh Almaz Antey, memiliki jangkauan hingga 600 kilometer (lebih dari 370 mil). Sistem senjata ini dapat secara bersamaan mencegat dan menghancurkan hingga sepuluh rudal balistik dan hipersonik dengan kecepatan 5 mach. Prometey mampu mencegat rudal balistik dan pesawat pada ketinggian hingga 200 kilometer (lebih dari 120 mil).

4. S-500 mampu mencegat pesawat tempur, pembom dan UAV, serta menghancurkan satelit yang melayang di orbit rendah, pesawat ruang angkasa dan persenjataan diluar orbit bumi.

Sputnik

Sharing

Tinggalkan komentar