Home » Alutsita Canggih » Biar Miskin yang Penting SAM S-75 Dvina

Biar Miskin yang Penting SAM S-75 Dvina

Ethiopia hingga saat ini masih memiliki sistem rudal anti pesawat S-75 Dvina, ditempatkan di tiga lokasi di sekitar ibukota Addis Ababa, beberapa diantaranya ditempatkan di dekat perbatasan Eritrea untuk mempertahankan beberapa lokasi strategis.

Walau sudah berusia tua, Ethiopia sudah memilikinya sejak tahun 1970, S-75 masih terawat cukup baik. Perusahaan Gafat Armament Industry, bagian dari perusahaan Metals and Engineering Corporation (METEC) milik Ethiopia berhasil merawat dan memodifikasi sistem rudal S-75.

S-75 SAM adalah sistem rudal pertahanan udara menengah buatan Uni Soviet. Sistem persenjataan ini sudah kenyang pengalaman perang diseluruh belahan dunia, mulai dari perang Vietnam, perang Arab-Israel, perang India- Pakistan tahun 1965 dan 1971, Perang Dingin Uni Soviet – Sekutu, perang Teluk, dan perang di Abkhazia.

S-75 yang terpasang dilambung tank T-54/55 merupakan sistem pertahanan udara yang sangat mobile, mudah dipindahkan dengan cepat bahkan dengan infrastruktur jalan yang sangat buruk. S-75 pernah begitu terkenal saat berhasil menembak jatuh pesawat mata-mata berkecepatan tinggi U-2 milik AS, bahkan disaat pesawat-pesawat tempur Uni Soviet gagal mencegat penyusupan pesawat U-2.

Berbobot 2.3 ton, dengan jangkauan 45 km, berkecepatan 3.5 mach dan hululedak seberat 200 kg, S-75 bahkan sampai saat ini masih menjadi momok yang menakutkan pesawat tempur, pesawat pengintai ketinggian dan pesawat pembom modern musuh,