Home » Alutsita Canggih » Lagi, Jet Tempur Harrier Jatuh Dilaut

Lagi, Jet Tempur Harrier Jatuh Dilaut

Sebuah pesawat tempur AV-8B Harrier milik Marinir AS, terbakar dan terjatuh di Samudera Atlantik di lepas pantai North Carolina. Insiden tersebut terjadi sekitar jam 17.00 waktu setempat, pihak Coast Guard AS yang mendapat laporan segera mengirimkan tim penolong ke lokasi.

Militer Angkatan Laut AS juga mengirimkan helikopter penolong untuk menyelamatkan pilot yang berhasil keluar menyelamatkan diri.

Skuadron Harrier AV-8B milik Marinir AS memang bermarkasi di Air Station Cherry Point Haveloc didekat lokasi kejadian.

Harrier adalah pesawat tempur dengan kemampuan terbang dan mendarat secara vertikal. Pesawat unik dan canggih, namun dengan segudang masalah yang menimpanya atau terkadang disebabkan kesalahan pilot. Sejak tahun 2000 saja sudah terjadi 26 insiden fatal yang menewaskan 2 pilot dari India, 1 pilot dari Inggris dan 3 pilot dari AS.

Insiden fatal terakhir terjadi pada tahun 2014, Sebuah jet AV-8B Harrier Marinir AS jatuh dan menabrak rumah California, pilot berhasil keluar menyelamatkan diri, sementara pada bulan Maret 2016 sebuah Harrier milik Marinir AS juga terbakar saat hendak lepas landas dari Kapal Serbu Amfibi USS Kearsarge.

Pada tahun 2025, AS berencana menggantikan Harrier dengan pesawat tempur siluman F-35.