Rusia Menempatkan Pantsir-S1 di Pangkalan Baru Palmyra

Rusia baru-baru ini telah merubah sebagian kota gurun di Palmyra menjadi sebuah pangkalan militer yang akan digunakan sebagai ‘ruang operasi’ untuk menyerang kelompok ISIS di negara yang dilanda perang.

Baru-baru ini terlihat sistem pertahanan udara anti pesawat Pantsir-S1 ditempatkan di pangkalan baru itu. Pantsir-S1 adalah gabungan dari rudal permukaan ke udara jarak menengah dan sistem artileri anti pesawat. Pantsir-S1 merupakan sistem pertahanan udara dengan teknologi terbaru yang menggunakan Radar Phased Array yang mampu melacak dan mengeksekusi target sekaligus.

Pasukan Rusia yang mendukung pemerintah Presiden Bashar Assad di Suriah telah menjadikan pangkalan udara Hmeymim, di selatan kota pesisir Latakia sebagai pangkalan utama armadanya. Para pengamat menyatakan, basis baru yang dibangun jauh di gurun Suriah menunjukkan rencana Rusia yang ingin memperluas operasi militernya ke arah timur ibukota ISIS di Raqqa dan timur kota Deir ez-Zor.

Meskipun belum ada jet tempur Rusia terlihat di bandara militer kota Palmyra sejauh ini, namun diperkirakan tidak lama lagi langit Palmyra akan dipenuhi dengan penerbangan pesawat tempur Sukhoi dan helikopter serang.

Serangan udara Rusia sejauh ini sangat signifikan membantu Tentara Suriah membebaskan kota Palmyra dari ISIS pada akhir Maret lalu.

Tinggalkan komentar