Home » Menteri Susi Ditekan Purnawirawan dan Mantan Pejabat KKP

Menteri Susi Ditekan Purnawirawan dan Mantan Pejabat KKP

  • Uncategorized

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku menjadi korban intimidasi dari berbagai pihak untuk membebaskan kapal-kapal asing yang ada di wilayah Papua.

“Saya masih suka ditekan oleh Purnawirawan dan mantan pejabat KKP. Mereka sering menemui saya agar melepaskan kapal asing di daratan Papua,” ujar Susi di Kantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Menteri Susi menjelaskan, saat ini pemerintah menahan 700 kapal berbendera asing yang memasuki wilayah Indonesia secara terus menerus tanpa izin.

Modusnya adalah, Kapal yang memiliki izin hanya satu, namun beberapa kapal menyamakan jenis kapal, warna cat dan nama kapal, sehingga sulit terdeteksi kapal yang benar-benar mempunyai izin.

Susi juga menjelaskan, kapal-kapal asing tersebut sebelum dilepaskan harus membayar pajak selama beroperasi di Indonesia, karena mereka tidak pernah menyandarkan kapalnya di pelabuhan.

Negara-negara pemilik kapal tersebut harus membuat nota kesepakatan, mereka tidak akan kembali lagi ke kawasan Indonesia dengan cara apapun.

Sumber : Tribunnews.com