Home » Militer Indonesia » Presiden Jokowi Segera Kunjungi Korea Selatan dan Rusia

Presiden Jokowi Segera Kunjungi Korea Selatan dan Rusia

Jakarta – Presiden Joko Widodo segera melakukan serangkaian kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan dan kunjungan kerja ke Rusia pada 16-20 Mei 2016, untuk memenuhi undangan Presiden Park Geun-hye dan menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

“Korea Selatan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi dan juga pariwisata dan Korea Selatan akan dijadikan mitra Indonesia untuk akselerasi industrialisasi,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Presiden, Jakarta, 10/5/2016.

Selain ke Korsel, Presiden Jokowi juga akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia, menghadiri KTT ASEAN-Rusia di Sochi 18-20 Mei 2016.

Untuk kunjungan di Korsel, selain dijadwalkan bertemu Presiden Park, Presiden Jokowi juga melakukan pertemuan bisnis “one on one” dan “Luncheon Roundtable Discussion” bersama 20 pengusaha terbesar di Korea Selatan.

Menteri Luar Negeri menjelaskan Presiden akan memberikan pidato pada “Asian Leadership Conference”, forum diskusi besar di Korsel yang mengangkat tema kepemimpinan dan inovasi.

Pada Rabu (18/5), Presiden akan bertolak ke Sochi, Rusia untuk menghadiri KTT ASEAN-Rusia dan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa mitra.

Konferensi tersebut, sekaligus akan memperingati 20 tahun kemitraan positif ASEAN bersama Rusia.

“Tentu ada beberapa MoU sebagai hasil dari kunjungan baik di Korea Selatan maupun di Rusia yang saat ini masih dinegosiasikan,” jelas Retno Marsudi.

Presiden Jokowi pernah melakukan kunjungan kerja ke Busan, Korsel akhir 2014 dan melakukan kunjungan ke sejumlah kawasan industri, salah satunya industri perkapalan.

ANTARA News