Untukmu Indonesia …

“Berkibarlah Benderaku”

Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa
Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah Slama-lamanya
Kami rakyat Indonesia
Bersedia setiap masa
Mencurahkan segenap tenaga
Supaya kau tetap cemerlang
Tak goyang jiwaku menahan rintangan
Tak gentar rakyatmu berkorban
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah Slama-lamanya…….

Periode tahun 2015-2019 bisa dikatakan masa kebangkitan Indonesia, jika rakyat dan bangsa ini, berkomitmen penuh mengejar apa yang telah ditargetkan. Jika melihat apa yang sedang terjadi, target tersebut tampaknya telah on the track.

Indonesia terus memperbesar offset dalam negeri dalam pengadaan alutsista luar negeri. Proyek pesawat KFX yang sempat dikhawatirkan mulai berjalan. Proyek pembangunan kapal selam Chang Bogo ketiga akan dilakukan di PT PAL Surabaya, meskipun baru bersifat penyambungan badan kapal.

Pengembangan prototype radar nasional sedang dilakukan dengan sejumlah negara, baik Inggris, Amerika dan Swedia.

ToT Rudal C-705. Soal ini belum ada informasi perkembangan yang signifikan. Namun dalam pertemuan Kemhan dengan pihak China tahun 2015, direncanakan, Indonesia ditawarkan merakit sedikit komponen rudal ini. Proyek Rudal C-705, masih abu-abu.

Prototype Tank Nasional dan Tank Boat, sudah terlihat bentuknya dan telah jelas arahnya.

Untuk listing TNI AU, terlihat Indonesia akan membeli rudal pertahanan jarak menengah, untuk mengamankan ibu kota Jakarta.  Hal ini sangat penting bagi insinyur dan personel militer Indonesia, untuk berkenalan dengan teknologi rudal yang modern, sehingga memiliki pengetahuan dan ilmu melompat ke yang lebih advance.   Kita telah berjalan on the track dan semoga akselerasinya semakin cepat.

Grafik : B Stepanus