Kapal Selam Type 214 Yunani … Cepat, Senyap dan Mematikan

Setelah sebelumnya terkendala masalah pengelolaan galangan kapal Skaramagkas, Angkatan Laut Yunani akhirnya mulai diperkuat kapal selam HN Matrozos (S-122) Type 214 buatan TKMS Jerman.

Angkatan Laut meresmikan masuknya kapal selam HN Matrozos secara cepat dan diam-diam tanpa upacara peresmian pada akhir Maret 2016. Kapal selam Matrozos sebenarnya pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 2015 dan pada akhir tahun 2015 Matrozos selesai menjalani semua percobaan laut.

Masuknya kapal selam canggih ini adalah tonggak utama bertambahnya kekuatan armada bawah laut yang sangat signifikan untuk Angkatan Laut Yunani, terutama ditengah kondisi perekonomian negara yang dilanda kesulitan.

Berbagai masalah mendera galangan kapal Skaramagkas yang mengakibatkan tertundanya pembangunan kapal selam ini, Angkatan Laut kemudian mengambil alih kendali produksi dan pembuatan penuh kapal selam dengan menggunakan staff dan pekerja dari galangan kapal.

Pada awal tahun 2017 Angkatan Laut Yunani total akan memiliki kekuatan empat kapal selam Type 214, satu kapal selam Type 209 / 1400AIP, tiga kapal selam Type 209/1200 dan tiga kapal selam Type 209/1100 kapal selam.

Navyrecognition