Angkatan Darat AS Berharap Senjata Laser Siap Digunakan Pada Tahun 2024

Dalam rangka mengantisipasi perang di masa depan, militer Amerika Serikat terus melakukan pengujian senjata laser untuk menyempurnakan artileri terbaru berbasis energi. Pentagon selama bertahun-tahun telah mengembangkan senjata laser, dan berharap teknologi itu dapat digunakan, salah satunya untuk menjatuhkan drone musuh.

Pada bulan lalu, militer Amerika Serikat melakukan pengujian program High Energy Laser Mobile Test Truck (HELMTT) di Fires Center of Excellence Battle Lab di Fort Sill, Oklahoma.

Manager program HELMTT, Adam Aberle, mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, pihaknya dapat memadukan HELMTT dengan jaringan pusat komando dan kontrol Angkatan Darat.

“Kami belajar bagaimana platform laser yang akan beroperasi di lingkungan taktis yang relevan,” kata Aberle.

Dijalankan oleh US Army Space and Missile Defense Command and Army Forces Strategic Command, pengujian HELMTT menggunakan “simulasi” lingkungan untuk menguji kemampuan kendaraan untuk memperoleh, terlibat, dan menghancurkan target darat dan udara. Target itu termasuk drone kecil dan mortir.

Setelah HELMTT berhasil diuji, Aberle menjelaskan bahwa pihak Angkatan Darat ingin mempelajari bagaimana menggunakan dan mengembangkan taktik, teknik dan prosedur operasi serta melakukan misi perencanaan.

Angkatan Darat Amerika Serikat berharap, senjata-senjata itu siap tempur pada tahun 2024.

Amerika Serikat juga melihat potensi penggunaan laser untuk mendeteksi bahan peledak, narkotika, dan biological agents.

Sputnik News