Investasi Research and Development Tank Boat Pindad Mencapai Rp 266 Miliar

PT Pindad kembali melakukan inovasi dengan memproduksi tank boat atau tank kapal. Direktur Utama PT Pindad, Silmy Karim, mengatakan bahwa tank boat ini merupakan yang pertama di dunia.

“Kami sedang membangun prototipe tank boat, dimana investasi untuk research and development sekitar 15-20 juta dolar AS (sekitar Rp 200—266 miliar),” ujar Silmy, Sabtu (14/05).

Dirut Pindad mengatakan, rencana satu prototipe tank boat ini dibiayai oleh Kementerian Pertahanan RI. Adapun satu prototipe lagi ada di pihak luar negeri yang sudah berminat dan akan dipasarkan ke Timur Tengah.

“Jadi yang minat sudah banyak meski belum tanda tangan kontrak menunggu prototipe jadi,” kata Silmy.

Silmy menjelaskan bahwa jenis kapal perang ini berbeda dengan kapal perang kecil di sebagian besar negara lain karena memiliki hull ganda atau lazim disebut catamaran. Oleh sebab itu, tank boat ini menjadi yang pertama di dunia dan hanya Indonesia yang memproduksi dengan tidak meniru dari negara lain.

Tank boat ini akan dilengkapi dengan meriam kaliber 105 mm dan memiliki kecepatan hingga 40 knot. Tank boat dirancang untuk dapat berakselerasi tinggi dan mampu menghancurkan kapal musuh. Rencananya, tank boat pertama akan diperkenalkan dalam ajang Indo Defense Expo pada bulan November 2016.

Sindo News