Pilihan Malaysia Mengerucut : Pesawat Typhoon atau Rafale

Program MRCu Malaysia berangsur menuju tahap akhir. Dan pesawat terpilih telah dipotong menjadi dua kandidat, yakni Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale.

Industri dan pelayanan pejabat Malaysia mengatakan Boeing dan Saab menyadari perkembangan terbaru, mereka masih berusaha, meski mengetahui sulit. Jika dananya jadi muncul, maka pesawat Typhoon atau Rafale yang akan dipilih.

Keputusan untuk MRCu akan dibuat segera, saya diberitahu meskipun dana tetap menjadi masalah terbesar. Namun, karena Inggris dan Perancis menawarkan opsi pendanaan berdasarkan kesepakatan pemerintah dengan pemerintah, maka masalah yang rumit bisa diselesaikan.

Jet Tempur Rafale Perancis (photo by Andrew Dro)

Jika kita mengikuti opsi pendanaan yang diusulkan, periode pembayaran untuk pesawat mungkin dalam rentang setidaknya 10 tahun berdasarkan laporan yang dibuat oleh Menteri Pertahanan di masa lalu. Saya bukan ahli keuangan tapi saya pikir itu bisa sampai 20 tahun. Yang juga berarti bahwa kita hanya akan mendapatkan 18 jet saja dan tidak lebih.

Kedua pesawat memiliki kelebihan sendiri sehingga pada akhirnya, pertimbangan politik akan menentukan.

Bagaimana dengan usulan tentang membeli pesawat Hornets dari Kuwait ? Itu hanya sebuah proposal yang dibuat di website, dan tidak pernah diutarakan oleh pemerintah.

Sumber : Malaysiandefence.com