Home » Militer Indonesia » Kecewa dengan Oplot, Thailand Beli MBT 3000 China

Kecewa dengan Oplot, Thailand Beli MBT 3000 China

Angkatan Darat Thailand telah menandatangani kontrak pembelian tank tempur VT-4 buatan China. Jumlah tank dan berapa nilai kontrak pembelian tersebut belum dipublikasikan.

Angkatan Darat Thailand menyatakan puas dengan kemampuan MBT VT-4 China dan berencana akan memesan hingga 150 tank untuk melengkapi kekuatan kavaleri Angkatan Darat Thailand.

Sebelumnya, Thailand pernah memesan 50 MBT Oplot dari Ukraina, namun pengiriman tank Oplot terus tertunda karena terjadinya perang di Ukraina.

MBT VT-4 bisa di bangun di China, namun Thailand mensyaratkan adanya transfer teknologi dan menginginkan Defense Technology Institute menjadi perusahaan Pemerintah Thailand yang menerima teknologi pembangunan tank VT-4. Pengiriman pertama tank VT-6 diharapkan bisa direalisasikan dalam waktu 2 tahun kedepan.

MBT VT4 juga dikenal sebagai MBT 3000 adalah tank tempur utama generasi ketiga China yang dibangun oleh Norinco untuk pasar ekspor luar negeri. Tank ini merupakan varian upgrade dari MBT 2000 (VT-1) dan seri terbaru dari tank Type 90-II family.

VT-4 memiliki persenjataan meriam smoothbore 125 mm yang mampu menembakkan amunisi APFSDS, HESH, HEAT, HE dan rudal anti tank, juga dilengkapi senjata kedua berupa senapan mesin berat 12,7 mm dengan remote control. Sistem pengendalian penembakan memiliki kemampuan hunter-killer, sistem penjejak laser rangefinder, panoramic sight, dan thermal imaging system generasi ketiga.

MBT 3000 memiliki lapisan komposit dan Explosive Reactive Armor (ERA). Tank juga dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif – GL5, peluncur granat defensif, dan perangkat peringatan laser, juga memiliki sistem IFF, perlindungan dari serangan kimia NBC, sistem pencegah ledakan, sistem pemadam kebakaran, dan pendingin AC.