Home » Alutsita Canggih » SSV BRP Tarlac Sudah Tiba di Filipina

SSV BRP Tarlac Sudah Tiba di Filipina

Kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) pertama milik Angkatan Laut Filipina telah tiba di Pelabuhan selatan Manila pada Sabtu tengah malam.

Juru bicara Angkatan Laut Kapten Lued Lincuna menegaskan SSV pertama, BRP Tarlac merapat di Dermaga 13, kapal telah memasuki wilayah Filipina melalui bagian Sibutu di Tawi-Tawi, Kamis. Kapal dan awak nantinya akan menjalani karantina dan pemeriksaan imigrasi, kata Lincuna.

BRP Tarlac sudah melakukan uji coba laut sebelum dikirimkan ke Manila. Tahap pengujian laut untuk memeriksa kinerja mesin dan semua peralatan kapal.

“Hal ini juga dilakukan untuk memeriksa dan mengukur kemampuan kapal dan kelayakannya,” kata Lincuna.

Filipina memesan dua kapal SSV dari PT PAL Indonesia senilai 3.87 miliar Peso yang bersumber dari pendanaan Armed Forces of the Philippines modernization fund.

Angkatan Laut memprakarsai akuisisi kapal dengan persetujuan dari Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin pada tahun 2013. SSV akan berfungsi sebagai pusat komando terapung Angkatan Laut, sealift dan transportasi kapal militer, serta untuk bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Kapal SSV diperkirakan beratnya sekitar 7.300 ton. SSV memiliki kemampuan mengangkut sejumlah besar tentara, logistik dan perlengkapan perang lainnya.

PhilStar