Ongen Siapkan Prototype Kapal Tanpa Awak

Jakarta – Rencana Yulian Paonganan waktu masih mendekam di Rutan Cipinang, Jakarta, untuk membuat kapal tanpa awak segera terwujud. Usai dinyatakan bebas, pria yang biasa disapa Ongen ini langsung mematangkan desain kapal tanpa awak, karyanya.

Menurut Ongen, Kapal yang dirancang untuk mengawasi perbatasan ini, memiliki endurance 10 jam dengan kecepatan 10 knot.

“Kapal ini juga memiliki kamera canggih dan bisa membawa rudal,” ujar Ongen kepada wartawan, Minggu (15/5).

Yulian Paonganan / Ongen

Rencanannya kapal yang memiliki panjang 17 meter dan lebar 6 meter ini, mulai dibuat prototypenya bulan Agustus mendatang. “Ini merupakan desain, kita akan buat prototypenya terlebih dahulu. Semoga ini bisa membantu pertahanan Indonesia,” kata Ongen.

Ide pembuatan kapal tanpa awak ini muncul setelah Ongen sukses membuat pesawat tanpa awak (Drone) yang saat ini dalam proses akhir untuk keperluan Kementerian Pertahanan.

“Sebagai negara yang dua pertiganyanya laut, kita membutuhkan alutsista yang canggih, drone dan kapal tanpa awak ini semoga bisa menjadi jawaban, akan kurangnya kekuatan pertahanan laut kita,” ujar doktor maritim lulusan IPB ini.

“Saya berharap ide kapal tanpa awak ini kembali mendapat dukungan masyarakat. Mari kita jadikan bangsa Indonesia yang tangguh, berdaulat dan disegani bangsa luar,” tutup Ongen.

Sumber : Beritasatu.com