Home » Presiden Jokowi Tiba di Seoul, Korea Selatan

Presiden Jokowi Tiba di Seoul, Korea Selatan

  • Uncategorized

Seoul – Presiden Joko Widodo tiba di Kota Seoul, Korea Selatan, Minggu, 15/5/2016, pukul 17.05 waktu setempat disambut Dubes RI untuk Korsel John A Prasetio. Beberapa menteri dan pejabat negara yang turut dalam rombongan yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong serta Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP.

Menurut pantauan Antara, Presiden juga disambut sejumlah pejabat negara Korsel antara lain Dubes Korsel untuk Indonesia Taiyong Cho, Dirjen Protokol Kementerian Luar Negeri Korsel Lee Jung-il dan Dirjen Biro Kawasan Pasifik Tenggara Kementerian Luar Negeri, Korea Selatan Kang Yong Hoon.

Tembakan meriam hampa juga dilakukan sebanyak 21 kali di Lanud Seoul sebagai tanda sambutan kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi di Korsel.

Rombongan presiden segera menuju Hotel Lotte sebagai tempat bermalam saat kunjungan di Korea Selatan. Rombongan presiden akan berada di Korsel hingga pada 18 Mei 2016.

Beberapa rencana agenda Presiden selama kunjungan kenegaraan di Korea Selatan, antara lain bertemu dengan Diaspora Indonesia di KBRI Seoul, menemui Presiden Park Geun-hye di istana, serta melakukan temu bisnis bersama sejumlah pengusaha asal Korsel.

Akan terdapat beberapa kesepakatan bisnis maupun investasi yang dicapai saat kunjungan Presiden ke Korsel, antara lain di bidang akselerasi industri di Indonesia, kerja sama industri kreatif, serta kerja sama di sektor teknologi dan pertahanan.

Kunjungan ke Korsel diharapkan dapat memberi dampak langsung kepada masyarakat Indonesia melalui penambahan kerja sama bisnis dan investasi. Usai mengunjungi Korsel, Presiden akan melanjutkan lawatan di luar negeri ke Sochi, Rusia untuk menghadiri KTT ASEAN-Rusia pada 19-20 Mei 2016.

Sumber : Antara