Amerika Serikat Segera Perkenalkan Destroyer USS Zumwalt

Angkatan Laut Amerika Serikat segera memperkenalkan kapal perang terbesar yang dilengkapi teknologi tercanggih saat ini, USS Zumwalt. Kepala USS Zumwalt, Kapten James Kirk, mengatakan bahwa seragam kelasi beserta barang-barang pribadi, beragam pasokan dan suku cadang sudah dinaikkan ke USS Zumwalt untuk mengantisipasi misi pertama.

USS Zumwalt.(jeffhead.com)
USS Zumwalt merupakan kapal perang jenis terbaru yang dibuat di Bath Iron Works di Maine, Amerika Serikat. Kapal terbaru ini memiliki bentuk tak biasa dengan sudut tajam mirip anak panah. Bentuk ini membuat USS Zumwalt 50 kali lebih sulit terdeteksi di radar. Kelistrikan USS Zumwalt dihasilkan dari turbin yang mirip dengan pesawat Boeing 777, sedangkan persenjataannya didesain untuk menghancurkan musuh dari jarak 160 kilometer. Karena serba otomatis, USS Zumwalt tidak membutuhkan terlalu banyak kru dalam pengoperasiannya.

USS Zumwalt.(jeffhead.com)
Konsep asli USS Zumwalt sudah muncul lebih dari 15 tahun lalu, namun mengalami beberapa perubahan dari waktu ke waktu. Desain final akhirnya ditetapkan, bahwa USS Zumwalt akan memiliki bentuk unik dengan sistem persenjataan canggih yang dapat menembakkan proyektil dengan tingkat akurasi tinggi.

Harga akhir USS Zumwalt diperkirakan mencapai 4,4 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 58 triliun. Mahalnya harga pembuatan memaksa Angkatan Laut Amerika Serikat mengurangi target pembuatan kapal dari 32 unit menjadi hanya tiga unit.

USS Zumwalt.(jeffhead.com)
USS Zumwalt akan resmi menjadi bagian dari Angkatan Laut Amerika Serikat pada bulan Oktober mendatang di Baltimore. Setelah itu, USS Zumwalt akan menjalani serangkaian uji coba lanjutan di pelabuhan di San Diego.

metrotvnews.com