Home » Militer Indonesia » India Sukses Uji Tembak Rudal Interseptor Modern

India Sukses Uji Tembak Rudal Interseptor Modern

Dalam upayanya untuk memiliki sistem pertahanan rudal balistik multi-layer yang komplit, India, Minggu 15/5/2016, berhasil menguji tembak rudal Interseptor supersonik modern, yang mampu menghancurkan apapun rudal balistik musuh yang masuk ke wilayah India, setelah tes dilakukan di pantai Odisha, India.

“Tes yang dilakukan untuk memvalidasi berbagai parameter dari pencegat dalam mode penerbangan telah berhasil dilakukan,” ujar Peneliti di Lembaga Pengembangan Pertahanan, India.

Rudal pencegat yang ditembakkan berhasil menghantam target yang merupakan rudal Prithvi, milik angkatan laut India yang diluncurkan dari sebuah kapal yang berlabuh di Teluk Benggala, yang melakukan tembakan lintasan rudal balistik yang bermusuhan.

Target rudal diluncurkan pada sekitar pukul 11.15 dan pencegat, rudal strategis Advanced Air Defence (AAD) di pulau Abdul Kalam (Wheeler Island) mendapatkan sinyal dari pelacakan radar, lalu menderu melalui lintasan untuk menghancurkan rudal musuh yang masuk ke udara, di ketinggian endo-atmosfer, ujar sumber tersebut.

“Kemampuan rudal pencegat dalam menghancurkan rudal yang bermusuhan, dipastikan berhasil, setelah dilakukan analisa data dari berbagai sumber pelacakan,” kata seorang ilmuwan DRDO.

Interceptor ini single stage solid rocket propelled guided missile equipped, dengan panjang 7,5 meter, yang dilengkapi dengan sistem navigasi, komputer hi-tech dan penggerak elektro-mekanik, ujar sumber DRDO.

Sumber : Thehindu.com