Home » Militer Indonesia » Filipina Resmikan Operasi Kapal BRP Tarlac

Filipina Resmikan Operasi Kapal BRP Tarlac

Angkatan Laut Filipina menyambut kedatangan strategic sealift vessel Tarlac (LD- 601) di dermaga Pier 13, 16/5/2016 di Manila. Kapal Tarlac (LD- 601) ini dapat mengangkut pasukan lebih dari satu batalion pasukan, dua perahu karet (rigid-hill inflatable boats), landing craft units dan tiga helikopter.

“Dengan meningkatnya kebutuhan keamanan maritim dan tantangan lingkungan, apa yang telah menjadi rencana dan konsep dalam kertas, kini telah menjadi kenyataan,” ujar Laksamana Ronald Joseph Mercado, komandan Armada Angkatan Laut Filipina.

SSV Tarlac adalah salah satu dari dua kapal yang diakuisisi oleh Filipina dari PT PAL di Indonesia seharga P3.8 miliar. Setelah ditugaskan ke layanan, akan disebut BRP (Barkong Republika ng Pilipinas) Tarlac. Saudara dari kapal SSV Tarlac akan disampaikan Mei 2017.

Kru dari 121 prajurit Angkatan Laut Filipina dan personil tiba dengan kapal ini, ketika beberapa dari keluarga mereka menunggu.

“Kedatangan SSV Tarlac memberikan pelaut dan marinir Angkatan Laut kami dorongan untuk melayani negara kita lebih dengan pengetahuan yang kita tahu dan kemampuan tambahan untuk melayani bangsa maritim kita,” kata Mercado.

SSV Tarlac memiliki tonase 7.300 ton, panjang keseluruhan 120 meter, lebar 21 meter, draft lima meter dan membawa muatan 2.800 ton. Ia memiliki kecepatan jelajah 13 knot dan kecepatan maksimum 16 knot, dan operasi minimal 7.500 mil laut.

Sumber : Inquirer.net