Home » Alutsita Canggih » Inggris Kembangkan Spear 3, Rudal yang Lebih Canggih dari Brimstone

Inggris Kembangkan Spear 3, Rudal yang Lebih Canggih dari Brimstone

Pesawat pembom Inggris telah menyerang sasaran ISIS di Timur Tengah dengan rudal udara ke permukaan Brimstone sejak November tahun lalu. Namun, perencanaan untuk mengupgrade Brimstone sudah dilakukan.

Prancis, Italia, dan produsen rudal MBDA Inggris akan menghasilkan rudal baru Spear 3 yang akan masuk ke layanan pada tahun 2025, bersamaan dengan datangnya pesawat tempur siluman F-35B Lightning II.

Sementara Brimstone hanya memiliki jangkauan 12 km, Spear 3 diharapkan memiliki jangkauan efektif hingga 100 sampai 120 km.

“Rudal baru dan dikombinasikan dengan siluman F35 baru, akan memungkinkan kita untuk memukul musuh-musuh kita lebih keras. Keduanya merupakan bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan anggaran pertahanan untuk menjaga Inggris tetap aman.” Kata Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon

Pesawat pembom ringan Tornado saat ini mampu membawa tiga cluster rudal Brimstone (9 rudal), dan total dengan persenjataan lain hingga 1,8 ton. Rudal Spear 3 nantinya dapat diangkut dalam empat cluster pod atau 12 -16 rudal.

Seperti Brimstone, Spear 3 adalah rudal fire and forget, yang berarti rudal akan meluncur ke sasarannya tanpa bimbingan dari pilot, menggunakan daya dorong mesin turbojet dengan kecepatan subsonic dan dilengkapi dengan kit sayap untuk bermanuver.

ForceTv