Home » Militer Indonesia » Rudal Sidewinder Kini Berkemampuan BVR

Rudal Sidewinder Kini Berkemampuan BVR

Upgrade teknologi yang dilakukan terhadap rudal sidewinder membuat senjata Angkatan Laut untuk udara-ke-udara ini tetap di menjadi ujung tombak.

Yang lebih muda adalah AIM-9X Block II. Yang lebih tua adalah AIM-120D AMRAAM -rudal canggih jarak menengah udara-ke-udara.

9X Block II diperkenalkan pada tahun 2008, tapi tidak berlanjut ke tingkat produksi penuh hingga tahun 2015. Ini adalah anggota terbaru dari keluarga rudal Sidewinder yang dikeluarkan pertengahan 1970-an.

Kini rudal 9X Block II dapat melakukan hal-hal pendahulunya hampir tidak bisa dibayangkan. Sebagai contoh, rudal ini dilengkapi dengan kemampuan keterlibatan 360 derajat dan data link, ujar Kapten. Jim Stoneman, kepala Air-to-Air Missiles Program Office Angkatan Laut AS. Yang memungkinkan pilot untuk menembakkan lebih dulu rudal dan kemudian mengarahkannya pada target.

“Pilot bisa menembak dan kemudian menyampaikan informasi lebih untuk rudal” melalui data link ke vektor rudal untuk menghantam target, kata Stoneman saat briefing Pameran Sea-Air-Space 16 Mei 2016. kemampuan 360 derajat, membuat rudal memungkinkan menembak target meski berada di belakang pesawat, katanya.

Pada beberapa pesawat, seperti F-35 Lightning II Joint Strike Fighter, pilot akan dapat mengarahkan rudal menggunakan pemandangan di helm mereka.

Meskipun Sidewinder dikembangkan sebagai rudal jarak pendek dimaksudkan untuk menghancurkan dalam jarak dekat, namun kini rentang Blok II telah ” dua kali lipat,” kata Stoneman, membuatnya menjadi senjata “beyond-visual-range” / BVR.

AIM-120D adalah versi terbaru dari AMRAAM, yang telah digunakan Angkatan Laut dan Angkatan Udara sejak tahun 1987. Model D juga dilengkapi dengan data link yang memungkinkan pilot menembakkan rudal dan kemudian mengirimkannya target informasi, kata Stoneman.

Rudal ini memiliki peningkatan sistem pandu Global Positioning System dan meningkatkan kemampuan anti-jamming untuk melindungi di tengah-tengah peperangan elektronik musuh. Setelah beberapa tahun pengujian, rudal 120D sekarang dimuat ke armada, kata Stoneman.

Software upgrade sedang berlangsung, dan ini akan meningkatkan lebih kemampuan rudal AIM-120 model “Delta”, katanya.

Sumber : Seapowermagazine.org