Home » Alutsita Canggih » Filipina Ingin Tambah Lagi Kapal SSV

Filipina Ingin Tambah Lagi Kapal SSV

Angkatan Laut Filipina membutuhkan lagi tiga kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) untuk bisa menjadi kekuatan Angkatan Laut kelas dunia, hal itu disampaikan Komandan Armada Filipina Rear Ronald Joseph Mercado.

Mercado berharap Filipina bisa terus melanjutkan modernisasi kekuatan Angkatan Lautnya yang jauh tertinggal dari para tetangganya.

Kapal SSV pertama pesanan dari PT PAL Indonesia sudah mulai memperkuat Angkatan Laut Filipina, sedangkan pesanan kedua akan dikirimkan pada bulan Mei 2017.

Selanjutnya Angkatan Laut Filipina menginginkan lagi akusisi berbagai alutsista campuran yang terdiri dari enam fregat anti serangan udara, 12 korvet anti kapal selam, 18 kapal patroli OPV, 3 kapal selam, 3 kapal penyapu ranjau, 18 kapal pendarat amfibi, 3 kapal logistik, 12 kapal boat patrol, 30 boat patroli bersenjata, dan 42 kapal boat multirole yang dapat diinstal persenjataan rudal dan torpedo.

Juga termasuk alutsisita yang diinginkan Angkatan Laut diantaranya 8 pesawat patroli amfibi, 18 helikopter Angkatan Laut dan 8 helikopter multiguna. Untuk mewujudkan semua itu, setidaknya Angkatan Laut Filipina membutuhkan anggaran sebesar 497 milyar Peso atau sekitar US$ 11 milyar.