Home » Alutsita Canggih » Su-35 Akan Menjadikan Indonesia “Top Gun” di Asia

Su-35 Akan Menjadikan Indonesia “Top Gun” di Asia

Panglima TNI Gatot Nurmantyo meyakini Su-35 adalah pesawat tempur yang bisa menjadikan Indonesia memiliki alutsista Top gun di kawasan. “ Kalau kita punya itu, kita akan menjadi yang terbaik” katanya.

Pihak Angkatan Udara Indonesia sudah lama mengkaji dan merekomendasikan pembelian Su-35 dari Rusia, dan keputusan terakhir pembelian pesawat tempur tersebut ada di tangan Kementerian Pertahanan dan Presiden.

Detik-detik penandatanganan pembelian Su-35 yang sudah lama ditunggu, kemungkinan tinggal menunggu kedatangan Presiden Indonesia yang berkunjung ke Sochi, Rusia setelah mengadakan kunjungan kenegaraan tiga hari ke Korea Selatan.

Su-35 adalah pesawat tempur multirole berkursi tunggal dengan kemampuan tempur terbaik yang dimiliki Angkatan Udara Rusia saat ini.

Selain memiliki kemampuan superioritas udara dengan kecanggihan avionic dan radar Irbis-E, kini Su-35 juga akan semakin mumpuni sebagai pesawat serang darat dengan penambahan Sniper Pod.

Memiliki 12 cantelan persenjataan, yang terdiri dari bom bimbingan laser S-25L, roket S-25, bom B-8 dan bom B-13 atau bom FAB-250, FAB-500, KAB-500L (laser) dan KAB-1500L untuk serangan darat. Termasuk beragam rudal anti kapal dan anti radar Kh-35UE, Kh-35M, Kh-38M dan Kh-59M.

Sementara untuk peran superioritas udara dilengkapi rudal Vympel R-27R/ER/T/ET, Vympel R-77M, R-77T, Vympel R-73E/M atau R-74M dan Vympel R-37M