Home » Militer Indonesia » Sistem Rudal S-300 Kini Hajar Target Hingga 400 Km

Sistem Rudal S-300 Kini Hajar Target Hingga 400 Km

Moskow – Sistem rudal anti-balistik Rusia telah menerima rudal jarak jauh yang baru dan sekarang mampu menembak target pada jarak hingga 400 kilometer, ujar Chief Designer Almaz-Antey, Pavel Sozinov kepada TASS pada 19/5/2016.

“Sistem rudal S-300V4 dilengkapi dengan misil jarak jauh baru yang, antara lain mampu menyelesaikan tugas-tugas pertahanan rudal non-strategis,” kata Sozinov.

Kisaran jangkauan sistem rudal anti-balistik S-300V4 mencapai 400 kilometer. “Itu berarti bahwa pesawat peringatan dini AEW&C, termasuk AWACS (Airborne Peringatan dan Control System), tidak bisa memasuki zona 400 kilometer tanpa dampak yang harus diterima,” tambahnya.

Sozinov mencatat bahwa sistem rudal baru ini mengurangi kemampuan musuh dalam menggunakan pesawat tempur dan serangan pesawat lainnya. “Ideologi yang sama tertanam juga pada sistem senjata anti-pesawat S-400 Triumf dan sistem lainnya, termasuk dari generasi kelima,” kata kepala desainer ini.

Persediaan sistem S-300V4 untuk Angkatan Darat Rusia dimulai pada 2014. prajurit yang menerima dua set sistem ini yang dianggap 2,5 kali lebih efisien daripada pendahulu mereka.

Akhir tahun lalu, produsen sistem pertahanan udara Almaz Antey mengatakan rudal baru dengan jangkauan yang lebih jauh untuk sistem rudal S-300V4 sedang dikembangkan, namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sumber : Tass.ru