Eurojet Turbo Bersaing Memasok Mesin Jet Tempur KF-X - JakartaGreater

Eurojet Turbo Bersaing Memasok Mesin Jet Tempur KF-X

Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan saat ini sedang meninjau dua produsen mesin jet asing untuk pesawat tempur siluman KF-X pada bulan Juni.

Produsen mesin jet raksasa Eropa, Eurojet Turbo akan bersaing melawan General Electric (GE) dari AS untuk bisa memasok mesin untuk proyek pesawat tempur siluman buatan Korea Selatan, yang dikenal sebagai Korea Fighter Experimental atau KF-X.

Dalam proses pemeriksaan, Dapa akan membandingkan tingkat teknologi kedua mesin yang diajukan, alih teknologi serta harganya, kontrak nantinya akan ditandatangani pada bulan Juni.

Proyek senilai US$ 15,2 milyar tersebut merupakan upaya Korea Selatan untuk membangun dan memproduksi 120 jet tempur siluman multirole pada pertengahan 2020 untuk menggantikan jet tempur tua F-4 dan F-5.

Korea Selatan telah berusaha mendapatkan 25 item teknologi jet tempur dari raksasa pertahanan Lockheed Martin dalam kesepakatan alih teknologi yang ditandatangani bersamaan dengan pembelian pesawat tempur siluman F-35 pada tahun 2014.

Tapi pemerintah AS menahan empat dari 25 teknologi AS yang tidak diekspor tahun lalu, termasuk teknologi sensitif untuk bisa membangun radar Active Electronically Scanned Array (AESA).

Sisa 21 teknologi lainnya sudah mendapatkan izin ekspor dari Pemerintah AS pada bulan November tahun 2015, dan saat ini 12 teknisi dari Lockheed Martin berada di Seoul untuk membantu proyek KF-X.

DefenceWorld

Tinggalkan komentar