TNI AD Cetak 17 Pilot Helikopter

Semarang – 17 prajurit Pusat Pendidikan Penerbangan TNI Angkatan Darat (Pusdik Penerbad) dinyatakan berhasil menjadi pilot helikopter. Keberhasilan ini dirayakan mereka dengan mandi oli mesin helikopter yang disiramkan oleh instruktur.

“Tujuannya agar mereka tidak jijik dengan oli. Karena bagaimanapun siswa nantinya menjadi pengguna helikopter,” ujar Kolonel CPN Suprapto selaku Komandan Pusdik Penerbad, Semarang, Jawa Tengah, (20/5/2016).

Dalam upacara ini, kepala para prajurit juga ditimpa oleh instruktur dengan sebutir telor hingga pecah. Artinya, mereka dinilai siap terbang tanpa instruktur. “Kalau pecah telur artinya mereka telah siap terbang tanpa instruktur,” Kolonel CPN Suprapto menegaskan.

Pilot baru helikopterTNI AD (Foto: Mustholih/Okezone)

Para pilot helikopter ini merupakan hasil penyaringan dari 200 peserta yang mengikuti sekolah khusus pilot helikopter pada tahun lalu. Selama setahun, mereka dilatih menggunakan pesawat Latih Dasar HUGHES 269/300 dan TH-55 OSAGE.

Usai mandi oli, para pilot helikopter direndam di parit untuk menangkap ikan. Mereka tidak diperkenankan keluar dari parit sebelum mendapat ikan. “Tradisi ini filosofinya kesabaran. Kesabaran para instruktur dalam melatih siswa selama ini,” jelas Kolonel Suprapto.

Sumber : Okezone.com