Amerika Serikat Berencana Tempatkan Peralatan Militer di Vietnam

Amerika Serikat sedang dalam pembicaraan dengan Vietnam untuk menempatkan peralatan militer di negara itu untuk pertama kalinya sejak akhir Perang Vietnam.

Pemerintah Vietnam dan Amerika Serikat telah membahas penggunaan Da Nang sebagai situs untuk menyimpan peralatan militer yang dapat digunakan untuk menanggapi bencana alam di wilayah tersebut. Da Nang merupakan kota pesisir yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Pembicaraan menjelang penempatan peralatan militer itu memiliki makna simbolis. Dua mantan musuh berbagi kecemasan tentang Tiongkok, membuat mereka menjadi mitra selama dua dekade terakhir.

Beijing menuduh Washington ikut campur dalam berbagai isu regional dan sengaja meningkatkan ketegangan di Laut Cina Selatan.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan, meskipun mendapat pertentangan dari Brunei, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan Filipina. Tiongkok juga terkunci dalam perselisihan dengan Jepang dan Korea Selatan di Laut Cina Timur.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, akan tiba di Hanoi pada Minggu ini untuk melakukan kunjungan selama tiga hari. Kunjungan itu dapat dianggap sebagai bagian penting dari “poros” ke arah Asia.

Pemerintahan Obama berharap dapat mengakhiri embargo penjualan senjata ke Vietnam, yang akan menjadi langkah simbolis lain dalam normalisasi hubungan kedua negara. Sifat kehati-hatian akan melingkupi keterlibatan militer antara Washington dan Hanoi, yang meliputi batasan pada jumlah kunjungan pelabuhan dan menekankan pada misi kemanusiaan.

Sumber: PressTV