Penampilan Pesawat Baru SAAB, Gripen E

Gripen E dilengkapi dengan sensor canggih dan terintegrasi dengan radar Active Electronically Scanned Array (AESA), Infra-Red Search and Track (IRST), perangkat Electronic Warfare (EW), dan teknologi datalink, yang saat digabungkan dapat memberikan pilot, dan pasukan yang bekerjasama informasi yang tepat setiap saat. Peluncuran pesawat Gripen E dilakukan Rabu, 18 Mei 2016.

Perusahaan pertahanan dan keamanan Saab melansirkan Gripen E, pesawat tempur generasi terbaru yang mempunyai kapabilitas lebih dari versi Gripen sebelumnya. Gripen E memiliki peningkatan signifikan pada sistem avionic. Kemampuan untuk membawa lebih banyak senjata dan meningkatkan performa jangkauannya, dimungkinkan dengan mesin yang lebih bertenaga dan kemampuan membawa bahan bakar lebih banyak.

Lima Negara yang kini mengoperasikan Gripen: Swedia, Afrika Selatan, Republik Ceko, Hungaria dan Thailand. Brazil telah memesan Gripen, dan Gripen juga sudah terpilih di Slovakia. Di samping itu, Sekolah Pilot Uji Coba (Empire Test Pilots’ School – ETPS) menggunakan Gripen sebagai sarana uji coba untuk pelatihan pilot.

Peluncuran pesawat Gripen E dilakukan Rabu, 18 Mei 2016, di Swedia.