India Luncurkan Pesawat Tanpa Awak ke Ruang Angkasa

Sriharikota – India adalah salah satu negara yang melejit dalam dunia teknologi tinggi. Negara ini berhasil meluncurkan model pesawat ruang angkasa tanpa awak ke orbit bumi dengan pesawat ruang angkasa reusable.

Model pesawat skala 7 meter tersebut diluncurkan dari Andhra Pradesh dan terbang sekitar 70 kilometer ke atmosfer sebelum turun di laut. India berharap dapat meluncurkan pada skala penuh pesawat ulang-alik reusable dalam dekade berikutnya. India tergerak untuk merancang pesawat ruang angkasa tanpa awak ini, setelah NASA menghentikan program Space Shuttle pada 2011.

India’s Reusable Launch Vehicle (RLV-TD)

India’s Reusable Launch Vehicle (RLV-TD) lepas landas 23/5/2016 dari tempat peluncuran di Sriharikota. Penerbangan ini dirancang untuk memungkinkan Indian Space Research Organistion (ISRO) mengumpulkan data penting pada kecepatan hipersonik dan pendaratan mandiri.

Model pesawat ini dikembangkan selama lima tahun terakhir dengan biaya 1 miliar rupee atau 14 juta dolar AS. Pesawat ruang angkasa ini nantinya diharapkan dapat digunakan kembali atau reusable sehingga memungkinkan negara untuk secara signifikan mengurangi biaya eksplorasi ruang angkasa.

Sejak AS pensiun dari program pesawat ulang-alik, perusahaan swasta seperti Space X milik miliarder Elon Musk dan pemiliki Amazon Jeff Bezos, Blue Origin, mencoba mengisi kesenjangan. Jepang, Eropa, dan Rusia, dalam tahan pengujian untuk teknologi serupa.

Sumber : Republika.co.id