Pesawat Tempur Gripen C/D Diupgrade Membawa Rudal Meteor

Pesawat tempur Swedia Gripen C/D ditingkatkan dengan kemampuan membawa rudal Meteor bersama dengan sejumlah upgrade lain, untuk versi 20. Pada musim semi 2016 (April – Mei), semua pesawat Gripen C/D Swedia ditingkatkan ke Gripen versi 20. Versi baru ini membawa perubahan besar, baik dalam hardware dan software, ungkap lembaga material pertahanan Swedia (FMV) dalam pernyataannya.

Perubahan terbesar adalah rudal Meteor. Ini akan membuat kemampuan long range air-to-air capability pesawat Gripen meningkat secara signifikan, dan memberikan kondisi tempur Gripen untuk mengubah keseimbangan superioritas udara.

Rudal ini berinteraksi dengan sensor pesawat dan sistem dukungan untuk mendeteksi dan mengalahkan pesawat musuh. Propulsi dikelola oleh mesin ramjet.

Rudal Meteor BVRAAM
Rudal Meteor BVRAAM

“Mesin ramjet rudal Meteor memberikan peningkatan yang signifikan. Ini membuat lebih sulit bagi musuh untuk melindungi diri dari Meteor dibandingkan dengan rudal yang dioperasikan dengan roket konvensional [mesin], “kata Michael Östergren, manajer proyek Gripen untuk versi 20 upgrade.

“SDB adalah senjata presisi untuk target darat yang dijatuhkan dari pesawat pada jarak yang jauh (stand-off). SDB diisi dengan data target dari sebelum diluncurkan dari pesawat dan kemudian menuntun dirinya ke target, “kata Michael.

Perlindungan CBRN juga diperkuat untuk upgrade varian 20. Perlindungan baru terhadap CBRN, kimia, biologi, ancaman radiologi dan nuklir, melindungi pilot di lingkungan yang terkontaminasi selama misi berlangsung dan juga memungkinkan kru darat untuk secara efektif melakukan dekontaminasi terhadap pesawat setelah mendarat .

Inovasi lain adalah Ground Collision Avoidance System. Sistem secara otomatis mencegah pesawat menghantam tanah jika memasuki situasi tidak terkendali.

Defenseworld.net

Tinggalkan komentar