Home » Alutsita Canggih » Pilot Ketiga F-35 Australia Lulus Kualifikasi

Pilot Ketiga F-35 Australia Lulus Kualifikasi

Pilot ketiga F-35A Australia Letnan (FLTLT) Edwin Borrman, baru-baru ini menyelesaikan penerbangan kualifikasi dengan pesawat F-35A di Luke Air Force Base, Arizona, Amerika Serikat. Borrman yang awalnya adalah pilot pesawat tempur F-18 merasa takjub dengan kinerja canggih dari F-35.

F-35A (yang dikenal sebagai Joint Strike Fighter) adalah pesawat tempur dan serang masa depan Australia, dengan mengkombinasikan kemampuan siluman, sensor canggih, networking and data fusion capabilities dan diinterintegrasikan dengan sistem Pertahanan lainnya, akan membuat Angkatan Udara Australia mampu mempertahankan keunggulan pertempuara udaranya.

Dua pesawat F-35A akan tiba di Australia pada akhir tahun 2018. Skuadron pertamanya akan didirikan pada tahun 2020. F -35A nantinya akan menggantikan F -18 Hornet tua yang berbasis di Pangkalan RAAF di Williamtown (NSW) dan Tindal (NT).

Borrman sudah menyelesaikan penerbangan kualifikasi pesawat tempur siluman F-35A dan juga memenuhi syarat sebagai instruktur F-35 bagi pilot Australia lainnya yang akan menerbangkan F-35A. Borrman mengikuti jejak dua pilot Australia yang sudah lulus kualifikasi sebelumnya, yakni Komandan Skuadron Andrew Jackson dan Komandan Skuadron David Bell.

News.Defence.Gov.au