APC M113A1 Masuk Pindad

Minggu lalu, TNI AD kembali mendapatkan 50 unit kendaraan pengangkut personil M113A1 buatan Amerika Serikat dari Belgia. Kendaraan M113A1 yang duluan masuk ke Indonesia telah disebar ke berbagai kesatuan, sebagai kelengkapan tambahan satuan-satuan yang ada. Sebelumnya kendaraan Tank Canon Tarantula, juga sudah disebar ke berbagai kesatuan, walau pun dalam jumlah kecil. Begitu pula sistem senjata anti serangan udara S-60, yang tadinya terkonsentrasi di pusat, mulai disebar ke kesatuan di daerah.

Indonesia melalui PT Pindad sebenarnya telah mampu memproduksi kendaraan lapis baja angkut personil, tapi masih dalam platform roda bergerak 6×6. Sementara M113A1 merupakan kendaraan lapis baja pengangkut personil dengan platform roda berantai. Dua hal spesifikasi yang berbeda.

Gambar di atas, kita lihat M113A1 mulai masuk Pindad untuk dipelajari. Kendaraan M113A1 bisa dikatakan legendaris dan banyak negara yang telah menggunakannya. Lungsuran kendaraan lapis baja roda rantai ini, diharapkan meng-uprade skill Pindad dalam mengembangkan lapis baja roda rantai. Mengapa dikatakan demikian ?.

Prototype Tank SBS Pindad (JKGR)

Jika melihat prototype tank SBS di atas, tampak roda rantai yang dibuat oleh Pindad masih ringkih (kasat mata). Kemampuan ilmu tambahan untuk membuat roda rantai tank, memang sempat diakui oleh Pindad, bahwa mereka membutuhkannya.

Gambar : anas_nurhafidz – Defence.PK

Sharing

Tinggalkan komentar