Perluasan Kerja Sama Keamanan Antara Indonesia-Uni Eropa

Pemerintah Indonesia dan Uni Eropa menggelar pertemuan 1st Security Policy Dialogue RI-Uni Eropa di Bandung, Jawa Barat. Pertemuan tersebut membahas perluasan area kerja sama di bidang keamanan, yang meliputi penanggulangan terorisme dan radikalisme, keamanan maritim, penanggulangan penyalahgunaan narkotik, kejahatan terorganisir dan anti-korupsi, perwujudan dan pemeliharaan perdamaian, serta manajemen bencana.

Pertemuan itu diikuti oleh delegasi RI yang dipimpin Direktur Kerja Sama Intrakawasan Amerika dan Eropa Kemlu RI, Dewi Gustina Tobing, dan delegasi Uni Eropa yang dipimpin oleh Kepala Divisi Penanggulangan Terorisme UE, John Gatt-Rutter.

Dalam pertemuan 1st Security Policy Dialogue RI-Uni Eropa, kedua pihak saling bertukar pandangan terkait isu-isu yang disepakati dalam agenda dan membahas rencana kerja sama yang menjadi kepentingan bersama. Pihak Uni Eropa menyampaikan apresiasi atas berjalannya pertemuan dengan baik dan menekankan komitmennya untuk mendukung kerja sama yang nyata.

“Uni Eropa menekankan kembali komitmen terhadap isu keamanan seperti terorisme dan kejahatan lintas batas lainnya,” ujar John Gatt-Rutter.

Sementara itu, Dewi Tobing mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik komitmen Uni Eropa untuk berkerjasama secara konkret di bidang keamanan. Ia berharap, kerja sama itu dapat segera direalisasikan.

Sumber: Antara