Menteri Pertahanan se-ASEAN Tandatangani Deklarasi Bersama Pemberantasan Terorisme

Para menteri pertahanan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) menandatangani deklarasi bersama untuk kerja sama pertahanan dan keamanan regional. Penandatanganan tersebut dilakukan dalam pertemuan 10th ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) di Vientiane, Laos, Rabu (25/05).

Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) menjelaskan bahwa deklarasi bersama itu untuk menggarisbawahi tekad ADMM guna memecahkan masalah internasional dan regional dalam memerangi ancaman terorisme antarnegara.

Selama pertemuan ADMM, para menteri mendiskusikan isu keamanan regional serta memuji kerja sama yang selama ini telah berjalan. Para menteri juga mengusulkan agar mengadakan pertemuan ADMM Plus, yakni ditambah dengan Australia, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, dan Amerika Serikat.

Menurut MINDEF, terdapat komitmen kuat di antara peserta pertemuan untuk meningkatkan kerja sama demi mengatasi ancaman terorisme dan ekstremisme yang berkembang di Asia Tenggara. Para menteri sepakat untuk membangun pertahanan dan militer yang mantap guna melawan aksi terorisme.

Sumber: Tempo.co