Home » Alutsita Canggih » Israel Lakukan Serangan Udara Ke Hamas

Israel Lakukan Serangan Udara Ke Hamas

Ketegangan memuncak di perbatasan Israel dan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas. Israel mengatakan serangan udara pertamanya terhadap Jalur Gaza merupakan yang pertama sejak perang selama 50 hari beberapa bulan lalu. Serangan israel dibuka dengan melakukan serangan udara yang dilakukan jet tempur israel terhadap basis pertahanan kelompok Hamas di Gaza. Serangan itu tidak menyebabkan kerusakan atau korban jiwa. Pihak Israel menyebutkan serangan ini merupakan balasan dari serangan roket yang dilakukan oleh kelompok Hamas, ke wilayah Israel. “Sebagai respons, Angkatan Udara Israel melakukan serangan kearah dua basis pertahanan Hamas di selatan Perbatasan Gaza,” pernyataan pihak Militer Israel, seperti dikutip Middle East Online, Kamis (26/5/2016).

Sedangkan serangan roket dari wilayah Gaza ke Israel diakui dilakukan oleh kelompok Ajnad Beit al-Maqdis.  “Kami bertanggungjawab atas serangan roket yang ditujukan kepada pangkalan militer Nahal Oz,” sebut pihak Ajnad Beit al-Maqdis.

Menurut pihak Israel, sembilan proyektil ditembak dari Gaza. Kelompok pejuang yang lebih dari Hamas, kerap mengklaim serangan ini di saat Hamas tidak bisa mencegah serangan roket. Pihak Hamas sendiri mengakui serangan udara dari Israel tersebut. Mereka menyebutkan serangan mengenai basis pertahanan dekat Rafah dan kamp pengungsi Nuseirat, serta tidak menimbulkan korban jiwa.

(marskman) * sumber VOA dan Metrotvnews.com*