Amerika Siap Remajakan Kapal Selam SSBN Kelas Ohio

Salah satu alutsista andalan Amerika adalah kapal selam SSBN kelas Ohio. Angkatan Laut Amerika memiliki 18 kapal selam jenis ini. Kapal selam kelas Ohio adalah kapal selam terbesar yang pernah dibangun untuk Angkatan Laut AS.

Bisa dibilang kapal selam ini merupakan ancaman terbesar bagi negara lain, karena kemampuannya yang bisa sepenuhnya menyelam di bawah permukaan air dan bisa berkeliaran di laut tanpa diketahui, juga bisa menembak sasaran sejauh 7400 kilometer.

Namun, kini pemerintah amerika mulai berpikir untuk melakukan peremajaan terhadap sejumlah alutsistanya yang dinilai sudah usang. Kapal selam SSBN kelas Ohio ini masuk ke dalam daftar alutsista yang perlu diremajakan.

Bagi pemerintah Amerika, kapal selam merupakan bagian paling penting dalam persenjataan nuklir amerika, istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan Amerika melancarkan serangan nuklir dari udara, darat atau laut. Namun, kemampuan itu akan segera terancam jika masih menggunakan kapal yang sudah tua. Dinding baja kapal selam hanya bisa bertahan sekitar 40 tahun.