Home » Alutsita Canggih » Mengenal Legenda Langit Soviet

Mengenal Legenda Langit Soviet

Di akhir tahun 1930-an, Angkatan Udara Uni Soviet terkenal dengan pengalaman tempur udara yang sangat baik. Pada era tersebut, sejumlah pakar pesawat tempur dari Uni Soviet mulai berpikir untuk mengembangkan pesawat tempur generasi terbaru yang mampu terbang dengan kecepatan ratusan mil per jam. Pemerintah Uni Soviet akhirnya memutuskan membangun sebuah pabrik pesawat di Moskow.

Saat itu, dikepalai oleh Insinyur Artyom Mikoyan dan Mikhail Gurevich sebagai wakilnya, mulai mengembangkan peswat tempur terbaru menggunakan desain I-200.

Mereka akhirnya mampu menyelesaikan tugasnya dan berhasil membuat sebuah pesawat tempur generasi terbaru pada bulan April 1940. Setelah melalui berbagai Macam perbaikan, akhirnya pada desember 1940 pesawat tempur tersebut resmi diberi nama MiG, yang merupakan akronim dari huruf pertama kepala biro yang membuat desain pesawat.

MiG-21 merupakan jet tempur taktis generasi ketiga milik Soviet. Pesawat ini mampu mencapai kecepatan supersonik Mach 2 dan dilengkapi dengan dua aeroguns, serta mampu membawa enam buah rudal. Sejumlah pakar menilai MiG-21 adalah salah satu pesawat militer yang paling dapat diandalkan di dunia yang pernah diproduksi.

Dalam kurun waktu 1959-1985, sebanyak 10.645 pesawat MiG-21 telah diproduksi Uni Soviet, dan tercatat sebagai pesawat supersonic paling banyak diproduksi.

Dalam beberapa operasi milter, pesawat ini selalu menjadi andalan. Seperti, operasi tempur di Vietnam, Timur Tengah, serta konflik Indo-Pakistan.

Di tahun 1980-an keberadaan MiG-21 perlahan mulai berkurang. Namun, sampai saat ini masih ada 18 negara yang menerbangkan MiG-21 dua negara anggota NATO yakni Rumania dan Kroasia.