Home » Militer Indonesia » Kecelakaan KRI Pati Unus

Kecelakaan KRI Pati Unus

Jakarta – Pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2016, sekitar pukul 18.15 wib, terjadi kecelakaan laut terhadap KRI PTS 384 (KRI Pati Unus -red), melalui info kontak radio terakhir antara Kom KRI PTS 384 ke WFQR Lantamal I, yang menginfokan bahwa KRI PTS 384 mengalami kebocoran karena menabrak bangkai kapal perkiraan lokasi bouy 2 alur Belawan.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut, Kolonel Edi Sucipto mengatakan, KRI Pati Unus 384 hanya mengalami kebocoran karena terkena suatu benda. KRI tersebut mengalami kebocoran saat sedang melintas di perairan Belawan.

Bentura dengan benda asing dalam laut mengakibatkan kebocoran lambung kiri haluan kapal. “KRI PTS mengalami kebocoran di alur perairan Belawan yang diakibatkan lambung kiri haluan terkena sesuatu benda di bawah permukaan air. Bukan karena diserang,” ucap Edi kepada Republika.co.id, (31/5/2016).

Dia mengatakan, Komandan beserta ABK KRI PTS dengan dibantu Dinas Penyelaman Bawah Air dan Pangkalan Utama TNI AL I, Belawan. Kendala yang dialami dalam mengatasi kebocoran ketika cuaca kurang mendukung, mengingat posisi kapal di area permukaan yang terbuka sehingga angin gelombang dapat mempengaruhi pekerjaan menutup bagian bawah kapal yang bocor. Saat ini kapal sedang recovery.

Sumber : Republika.co.id