DPR: Pemerintah Harus Tegas Terhadap Klaim Singapura Terhadap Pulau Manis

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ade Komarudin, meminta agar Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, serta TNI dapat segera berkoordinasi dengan baik untuk menghadapi klaim Singapura atas Pulau Manis di gugusan Pulau Batam.

Menurut Ade, Indonesia memang harus menjaga hubungan baik dengan negara tetangga, termasuk Singapura. Namun, bukan berarti niatan membangun hubungan baik justru mengurangi ketegasan dalam menjaga kedaulatan negara.

“Bukan berarti niat menjaga hubungan baik, lalu kemudian kedaulatan negara tidak terjaga. Kedaulatan negara tetap terus harus dijaga,” tegas Ade, di Gedung DPR RI Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/05).

Peta Funtasy Island.
Klaim Singapura atas Pulau Manis diketahui setelah muncul informasi bahwa terdapat Funtasy Island di lokasi tersebut. Dalam peta yang dirilis, peta negara Singapura memiliki warna yang sama dengan Pulau Manis tersebut. Padahal, Pulau Manis termasuk wilayah Batam dan wilayah administratif Kecamatan Belakang Padang.

Sumber: Berita Satu