Militer Finlandia Latihan Tempur, Warga di pulau Kamsholmen Mengira Invasi Sungguhan

Helsinki: Warga di pulau Kamsholmen melarikan diri karena mengira tempat tinggalnya diinvasi pasukan musuh. Kesalahpahaman itu wajar, karena penduduk pulau setempat mendengar bunyi ledakan yang dilontarkan dari sebuah roket pasukan bersenjata.

Namun warga pulau kamsholmen baru menyadari jika lontaran roket itu berasal dari Pasukan bersenjata Finlandia yang tengah menggelar sesi latihan perang.

Finlandia menggelar latihan militer besar-besaran pada Mei 2016 dengan sebuah senjata pelontar. (Foto: FINNISH ARMY)

Menurut salah seorang Warga pulau Kamsholmen, Bjarne Winberg, dirinya melihat sebuah kapal besar merapat di dekat rumahnya. Selain itu, ia juga melihat Sekelompok prajurit berseragam dengan tas ransel dan senjata api mulai turun dari kapal tersebut.

Saat para prajurit itu bergerak ke arah hutan, Winberg bergegas ke kapal miliknya dan melarikan diri dari pulau. Ia kemudian menghubungi otoritas setempat. “Tentu saja saya takut,” kata Winberg kepada surat kabar Ilta-Sanomat, seperti dikutip kantor berita BBC, Selasa (31/5/2016).

Operasi militer Finlandia di Kamsholmen rupanya hanya bagian dari serangkaian latihan perang rutin. Terdapat laporan pihak militer lupa memberitahu warga setempat mengenai adanya latihan ini.

Tidak semua khawatir dengan adanya operasi militer ini. Surat kabar Ostnyland melaporkan ada sebuah perusahaan kopi yang melihat latihan militer ini sebagai sebuah kesempatan untuk mempromosikan pariwisata di pulau Kamsholmen. Pihak perusahaan akan mengirimkan paket kopi gratis bagi siapa saja yang “secara tak sengaja melihat tamu militer.” (marksman/ sumber : metrotvnews.com dan indonesia.shafaqna.com)