Home » Alutsita Canggih » Kapal Selam Nuklir AS Masih Pakai Disket

Kapal Selam Nuklir AS Masih Pakai Disket

Amerika Serikat (AS) memang dikenal sebagai salah satu negara berteknologi modern. Namun ternyata, kapal selam nuklir AS masih dijalankan menggunakan teknologi konvensional. Kapal selam tersebut masih mengusung Komputer IBM Seri 1 tahun 1970 dan disket berukuran 20 cm untuk melakukan koordinasi dengan rudal balistik antarbenua, kapal selam nuklir, pesawat pengebom dan pesawat pembawa bahan bakar. Padahal, teknologi saat ini sudah memasuki era USB, HD eksternal dan SSD.

Saking tuanya sistem kapal selam nuklir milik negeri Paman Sam tersebut, kini tidak ada orang yang bisa merawat komputer itu karena sebagian besar teknisinya telah pensiun. Pemerintah pun kesulitan mencari suku cadang pengganti untuk sistem tersebut karena sulit dicari dan sudah terlalu kuno.

Oleh sebab itu, berdasarkan keterangan Departemen Pertahanan AS (Pentagon), pihaknya akan mulai memperbarui sistem dengan peralatan digital pada akhir 2017 mendatang. Juru bicara Pentagon, Letkol Valerie Henderson mengungkapkan proses modernisasi perangkat dan seluruh sistem diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2020.

Modernisasi untuk Komando Nuklir, Pengendalian dan Komunikasi ini didesak untuk segera dilakukan mengingat biaya pemeliharaan teknologi kuno tersebut memakan dana yang cukup fantastis, yakni mencapai 61 miliar dolar AS atau sekitar 833 triliun rupiah tiap tahun.