Home » Alutsita Canggih » Untuk lndia, Perancis Bersedia Memberikan Diskon Besar Harga Rafale

Untuk lndia, Perancis Bersedia Memberikan Diskon Besar Harga Rafale

Perancis akan “sangat” menurunkan harga jet tempur Rafale untuk India dan akan memenuhi semua persyaratan (teknis, keuangan dan offset), ungkap CEO dari Dassault Aviation, Eric Trappier.

Dalam sebuah wawancara dengan media Prancis Les Echos, Trappier mengatakan pemerintah Perancis yang sedang melakukan negosiasi kesepakatan G to G dengan India siap untuk setiap saat (menandatangani kontrak) karena bola kini ada dipihak India.

Eric Trappier menegaskan tidak ada bank garansi dalam kesepakatan Rafale dengan India karena ada jaminan dari negara. “Dengan India, itu adalah kesepakatan antar pemerintah, negara dengan negara, yang berarti Prancis setuju pengiriman industri (teknologi Rafale) pada waktunya.”

Menurutnya India memulai negosiasi saat membutuhkan pesawat tempur secara mendesak. Di masa lalu, India selalu menandatangani kontrak saat dilanda konflik, India pernah menggunakan pesawat Prancis yaitu Mirage buatan Dassault. Oleh karena itu India tahu dapat mengandalkan Perancis dan Dassault. Dan yang terbaru, India telah menandatangani kontrak dengan Dassault untuk memodernisasi pesawat tempur Mirage.

Pernyataan Eric Trappier tampaknya menunjukkan bahwa negosiasi telah terhenti dan Perancis telah membuat tawaran final setelah menurunkan harga dalam kaitannya dengan harga penjualan (Rafale) di pasar internasional.

DefenceWorld