Home » Alutsita Canggih » Hari Nasional Rusia ke-26: Rusia-Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Hari Nasional Rusia ke-26: Rusia-Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia menggelar peringatan Hari Nasional Rusia ke-26, Rabu (1/6/2016), di Jakarta. Dalam perayaan ke-26 berdirinya Rusia ini, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin mengakui bahwa Rusia telah membuktikan kemampuan untuk menjalankan roda ekonomi dengan baik, meskipun tengah mendapatkan sanksi terkait energi, keuangan dan pertahanan. Menurut Galuzin, sanksi yang dijatuhkan negara-negara Barat dan Eropa ini tidak berhasil meruntuhkan Rusia.

Rusia mewarisi tradisi terbaik Uni Soviet dan sangat percaya diri menyambut masa depan. Rusia pun optimis negaranya tidak bisa ditundukkan dan mampu menjadi negara adidaya layaknya Soviet.

Dalam kesempatan ini pula, Galuzin menyampaikan bahwa hubungan antara Indonesia dan Rusia akan memiliki masa depan cerah. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sochi, Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin, 18 Mei lalu, jelas membuktikan bahwa hubungan bilateral kedua negara semakin erat. Salah satu perjanjian penting yang dihasilkan adalah kerangka kerja sama antara perusahaan minyak Rusia, Rosneft, dengan Pertamina untuk pengembangan kilang minyak dan kompleks petrokimia di Provinsi Jawa Timur. Secara keseluruhan, nilai kerja sama bisnis Indonesia dan Rusia mencapai 14 juta dolar Amerika atau setara dengan 190 miliar rupiah.

Dalam perayaan Hari Nasional Rusia 2016 ini, Presiden Rusia Vladimir Putin juga memberikan penghargaan berupa medali Alexander Puskin kepada Koesalah Soebagyo Toer, penerjemah literatur klasik Rusia ke Bahasa Indonesia. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Galuzin.

Medali Alexander Puskin adalah medali yang diberikan oleh pemerintah Rusia kepada warga sipil yang bekerja pada bidang ilmu pengetahuan, sejarah, budaya dan literatur Rusia.   Koesalah menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut atas keaktifannya menerjemahkan literatur Rusia sejak tahun 60-an.

Tanggal 12 Juni ditetapkan sebagai Hari Nasional bagi Rusia. Berdasarkan sejarah, negara yang terbentang sepanjang Benua Eropa hingga Asia ini mulanya memang dikenal dengan nama Uni Soviet. Namun sejak 12 Juni 1990 silam, lewat adopsi Deklarasi Kedaulatan Negara Federasi Rusia, Soviet berubah menjadi Rusia. Dari situlah, 12 Juni ditetapkan sebagai Hari Nasional Rusia. Peringatan Hari Nasional ini mulai dilangsungkan setiap tahun sejak 12 Juni 1992. Perayaan National Day of Russia 2016 di Jakarta kali ini diadakan lebih awal dari perayaan di Moskow karena 12 Juni di tanah air bertepatan dengan bulan suci Ramadan.