Amerika Serikat Kirim Pengebom B-52 untuk Mengikuti Latihan Militer Operasi Baltik

Amerika Serikat mengirimkan tiga unit pesawat pengebom B-52 ke Inggris untuk memperkuat pasukan Amerika Serikat dan NATO di Baltik. Ketiga pesawat itu akan berpartisipasi dalam latihan militer di bawah Komando Amerika Serikat-Eropa untuk Operasi Baltik (BALTOPS).

Pengiriman pesawat-pesawat pengebom Amerika Serikat untuk latihan militer di Eropa ini merupakan tahun yang ketiga. BALTOPS 16 dijadwalkan berlangsung pada tanggal 3-19 Juni 2016 dan diikuti oleh 15 negara anggota NATO, Finlandia, dan Swedia. Sekitar 6.100 prajurit dijadwalkan akan mengikuti latihan militer tersebut.

“Tiga Pesawat B-52 Stratofortress rencananya akan diluncurkan pada tanggal 2 Juni 2016 dari Pangkalan Udara Minot, ke Utara Dakota ke RAF Fairford, Inggris untuk berpartisipasi dalam latihan militer US European Command’s Exercises Baltic Operations (BALTOPS) 16, Saber Strike 16, dan US Africa Command’s Just Hammer,” ujar Komando Strategis Amerika Serikat, Laksamana Cecil Haney, Kamis (02/06).

Haney menjelaskan bahwa integrasi pesawat pengebom strategis dalam sejumlah operasi multi nasional bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan militer Amerika Serikat dan pasukan NATO dalam menghadapi berbagai ancaman.

Sumber: Sindo News