Home » Alutsita Canggih » AS Siap Gelar Rudal, Tekan Korea Utara dan China

AS Siap Gelar Rudal, Tekan Korea Utara dan China

Singapura – Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter mengatakan rencana AS untuk menyebar sistem anti rudal THAAD di Korea Selatan terus menunjukkan perkembangan positif. Carter berharap segera dapat mengumumkannya di sela-sela pertemuan dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan di Singapura.

Menurut Carter, uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini menunjukkan kebutuhan meningkatkan pertahanan rudal, meskipun akhirnya tes rudal Korea Utara gagal. “Ada lima kegagalan berturut-turut di sana (Korut), tapi sebagian besar dunia terus khawatir tentang aktivitas rudal Korea Utara,” kata Carter.

“Apapun hasil dari tes, kenyataannya tetap bahwa mereka mencoba membuat rudal mereka terbang, itu fakta penting,” tegas Carter, dikutip Reuters, Kamis (2/6/2016).

Carter menampik kekhawatiran China yang menilai penyebaran sistem rudal THAAD dapat mengganggu keseimbangan kekuatan dengan menggerus sistem pencegahan rudal balistik China.

“Ini merupakan keputusan aliansi. Keputusan dari AS dan Korea Selatan, yang melindungi kami berdua dari serangan rudal Korea Utara. Pelaksanaannya akan menjadi serangkaian keputusan yang kita ambil bersama-sama dan ini untuk perlindungan kami sendiri terhadap Korea Utara. Semua orang harus memahami itu,” ujar Ash Carter.