Home » Alutsita Canggih » Surat Rahasia Al-Baghdadi Perintahkan ISIS Bergerak ke Libya

Surat Rahasia Al-Baghdadi Perintahkan ISIS Bergerak ke Libya

Sepucuk Surat rahasia ditemukan pasukan Peshmerga Kurdi Irak. Pesan yang diyakini berasal dari pemimpin ISIS itu, berhasil disadap, sebelum sampai kepada pemimpin tingkat tinggi ISIS di Provinsi Nineveh, Irak.

“Pasukan keamanan menemukan sepucuk surat dari Baghdadi yang dialamatkan kepada komandan tempur ISIS di Sinjar. Surat itu memerintahkan mereka untuk menarik keluar artileri berat dari Mosul dan dan mengirimnya ke suatu lokasi dekat perbatasan Irak dengan Suriah.” kata pembantu Presiden Kurdistan Irak, Wahid Bakouzi.

Seperti dikutip dari Al Araby dalam surat itu, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memerintahkan pasukan ISIS untuk menarik diri dari daerah-daerah tertentu di Irak. Abu Bakr al-Baghdadi juga merencanakan untuk menjadikan Libya sebagai benteng utama ISIS.

“Surat itu juga memerintahkan penarikan pasukan dari beberapa daerah, karena penduduk setempat tidak bersedia mengorbankan dirinya untuk ISIS” lanjut Bakouzi.

Dalam pesan itu juga juga disebutkan bahwa ISIS bisa segera pindah ke Libya. Namun, surat rahasia dari pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi ini belum bisa di verifikasi kebenarannya.

Entah kebetulan, dalam gerakan-gerakan terakhinya ratusan anggota kelompok ISIS telah datang ke Libya. Hal itu diyakini sebagai bagian dari startegi kelompok ISIS untuk memperluas pengaruhnya. ISIS juga diyakini telah menerima kemungkinan kekalahan dari pasukan Irak dalam pertempuran di Fallujah, Provinsi Niniwe. Fallujah adalah Kota pertama yang berhasil mereka duduki saat pertama kali menebarkan ancaman terornya di Irak pada Juni 2014.

Berdasarkan laporan Dewan Keamanan Wilayah Kurdi (KRSC), dalam dua hari terakhir, mereka telah menumpas 140 militan ISIS dan menghancurkan 14 bom mobil. Sedangkan pihak Kurdi sudah kehilangan empat pejuangnya dan 34 lainnya terluka.

Serangan ke wilayah Fallujah mengerahkan sebanyak 5.500 pejuang Peshmerga Kurdi, yang dibantu pasukan angkatan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat.